Rekomendasi Tempat Wisata Saat Berkunjung Ke Kebumen


Susur Pantai Selatan dengan Jeep

Selama ini wisata offroad hanya dikenal di kawasan Gunung Merapi Yogyakarta maupun di Gunung Bromo Jawa Timur. Padahal Kebumen juga punya banyak medan yang lebih menantang, seperti di sisi selatan terdapat garis pantai terpanjang dengan gugusan gumuk pasir. Jika kalian ingin menyusuri pantai selatan di Kebumen dengan cara yang lain dan tentunya menguji adrenalin, maka kalian bisa mengambil pilihan yang satu ini.
Di Kebumen banyak sekali medan yang dapat ditempuh dengan jalur offroad, sepeerti yang terdapat di garis pantai selatan Kebumen. Paket wisata offroad ditawarkan kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan pesisir pantai selatan Kebumen dengan melewati jalur pesisir, pedesaan, hutan, sungai, hingga perbukitan. Sejak paket wisata ini resmi diluncurkan pada awal tahun 2017, banyak sekali wisatawan baik dari dalam maupun luar kota yang mencoba paket wisata offroad tersebut.

Kalian hanya perlu menyewa jeep di titik-titik yang telah disiapkan oleh pengelola wisata. Untuk mencoba offroad menggunakan jeep ini, pengunjung hanya ditarik biaya sebesar Rp 500.000,00/jeep untuk 3 jam pertama. Pengunjung akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 100.000,00/jeep setiap 1 jam. Jeep mampu menampung maksimal 4 orang penumpang (atau per orang Rp 125.000,00). Harga yang telah disebutkan sebelumnya sudah termasuk guide tour, driver, BBM, makan, dan minum.
Pengelola wisata telah menyebar 20 mobil jeep yang siap melayani para pengunjung di 6 titik di sepanjang jalur offroad. Jarak yang akan ditempuh pengunjung selama offroad yaitu sekitar 80 kilometer dengan start di Pantai Laguna Lembupurwo, Kecamatan Mirit lalu finish di Goa Jatijajar, Kecamatan Ayah.

Geopark Karangsambung
Pada tahun 2018, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mengembangkan situs geologi Karangsambung di kabupaten Kebumen. Kawasan Geopark ini mempunyai luas 543,599 km2 berisi gabungan dari tempat konservasi, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kawasan ini sangat luas, ada 41 situs geologi (geosite), 8 situs biologi, dan 10 situs budaya. Kawasan Geopark Nasional Kebumen terdiri dari 12 kecamatan dan 127 desa di Kabupaten Kebumen. Kawasan Geopark dibagi ke dalam tiga sub kawasan sesuai dengan karakteristik wilayah. Kawasan Karangsambung meliputi wilayah cagar alam Karangsambung, yaitu Kecamatan Sadang, Karangsambung, Karangayam, Alian, dan Pejagoan. Kawasan Sempor yang menghubungkan kawasan cagar alam Karangsambung dan Karst Gombong Selatan meliputi Kecamatan Sruweng, Karanganyar, Sempor, Gombong, dan Rowokele. Serta kawasan Karst Gombong Selatan meliputi kecamatan Ayah, Buayan, dan Rowokele Selatan.
Kawasan Geopark Karangsambung merupakan laboratorium alam untuk mempelajari ilmu kebumian. Di kawasan ini kalian akan menemukan berbagai batuan berumur puluhan sampai ratusan juta tahun, dimana pada zaman dahulu kawasan Karangsambung merupakan dasar samudera. Morfologi yang terbentuk merupakan hasil dari proses geologi zaman kapur hingga kuarter dan tersebar dari kawasan utara Geopark hingga selatan.

Menara Mercusuar Tanggulangin
Jika kalian berkunjung ke daerah Kebumen coba untuk menyempatkan ke daerah Pantai Tanggulangin. Di Pantai Tanggulangin ini kalian akan menemukan mercusuar, pantai dengan muara Sungai Lukulo, serta pemandangan yang terbentang indah. Pantai ini berjarak sekitar 23 km arah selatan Kota Kebumen. Jika ingin mengunjungi pantai ini, kita bisa mengambil jalur ke selatan lewat Pasar Bulus Pesantren, lalu ambil jalur menuju Ambal. Sesampainya di pertigaan jalur selatan, ambil belokan ke barat. Kurang lebih sekitar 2 kilometer, kita akan menjumpai jembatan besar yang melintasi Sungai Luk Ulo. Dari jembatan kita akan menemui perempatan kecil lalu berbelok ke selatan, sampailah di Pantai Tanggulangin.
Awalnya Menara Mercusuar Tanggulangin hanya digunakan sebagai pemancar sinyal dan rambu laut bagi kapal besar dan nelayan di malam hari. Itu juga berlaku hingga saat ini. Namun belakangan, bangunan dengan tinggi menjulang itu mulai menarik minat wisatawan untuk berkunjung.



Menara suar ini menjulang setiinggi 40 meter yang terdiri dari 9 lantai termasuk puncaknya. Ada 7 tangga melingkar yang menghubungkan lantai 1 hingga lantai 8 dan 1 tangga vertikal untuk naik ke puncak. Ketika masih menggunakan rangka baja, lampu pada mercusuar Tanggulangin menggunakan lampu rotator, yaitu lampu berputar yang digerakkan motor dengan sumber tenaga generator diesel. Seiring berkembangnya teknologi, maka lampu menara diganti dengan lampu LED bertenaga matahari lengkap dengan sun-switch, dimana lampu akan menyala otomatis jika matahari terbenam dan padam ketika matahari terbit. Puncak menara sebagai puncak pendakian, hanya dapat menampung maksimal 20 orang.
Pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2.500,00 untuk dapat masuk ke dalam Menara Mercusuar Tanggulangin. Tidak ada tarif parkir yang dikenakan untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke Menara Mercusuar Tanggulangin.


Pantai Menganti
Pantai Menganti merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kata Menganti konon katanya berasal dari kata menanti atau menunggu. Pasir pantai di Pantai Menganti ini berwarna putih serta mempunyai panorama perbukitan juga tebing karst yang indah. Selain berpasir putih, batuan purba bekas gunung berapi bawah laut di masa lalu juga hadir di pantai yang dipagari hijaunya bukit-bukit kapur ini. Pegunungan karst yang indah berbukit kerucut serta laut sesekali terlihat saat kalian berada di atas jalan yang merayapi bukit. Tidak heran mengapa Pantai Menganti termasuk salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pantai Menganti juga merupakan tempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Maka bisa dibayangkan betapa masih asrinya wilayah Pantai Menganti ini.
Pantai Menganti yang sangat unik ditunjukkan dengan banyaknya bukit-bukit yang begitu asri dan berwarna hijau di sekeliling pantai. Ketika sampai di atas bukit, kalian bisa naik lagi menuju Tanjung Karangbata. Sesampainya di Tanjung Karangbata ini mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang lebih indah lagi. Laut begitu terhampar luas, ombak-ombak menggulung ke tepian pantai dengan begitu indah. Pemandangan samudera lepas dengan pemandangan perbukitan sangat keren sekali dan sangat disayangkan untuk dilewatkan. Jika kalian datang ke Pantai Menganti pada saat musim hujan, maka kalian bisa menemui beberapa air terjun yang akan muncul di sebuah titik dengan ketinggian sekitar 30 meter.


Pantai Menganti juga merupakan tempat yang tepat untuk mendirikan tenda dan bermalam di pantai ini untuk menikmati sunset kemudian sunrise pada pagi harinya. Untuk kalian yang juga ingin mencoba penginapan di Pantai Menganti, ada beberapa penginapan yang belum lama dibuka. Biaya kamar per malamnya hanya sekitar Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00. Penginapan disini dibangun secara semi permanen. Dinding dan lantainya terbuat dari kayu tetapi desainnya masih terlihat modern. Fasilitas yang ditawarkan di penginapan ini juga terbilang cukup lengkap seperti kamar mandi bersih, lemari es, almari, dan televisi. Bahkan ada beberapa penginapan yang menawarkan kamar dengan view pantai.
Jalur menuju Pantai Menganti dari arah Kebumen hanya sekitar 40 kilometer. Kalian bisa langsung bertemu dengan daerah Gombong, lanjut ke arah Jatijajar, kemudian langsung ke Pantai Menganti. Waktu tempuh untuk sampai ke Pantai Menganti hanya sekitar 1 jam. Pantai Menganti masih termasuk pantai yang masih asri, jangan heran kalau jalan menuju pantai ini bahkan belum sempurna. Jika ingin menuju pantai ini lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, jangan menggunakan kendaraan roda empat ataupun bus. Ini dikarenakan jalan yang dilalui masih sulit dan penuh dengan bebatuan.
Harga tiket terbaru di tahun 2018 yang ditawarkan oleh pengelola wisata Pantai Menganti cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000,00/orang. Dengan harga tersebut kalian bisa menikmati fasilitas gratis seperti shuttle, gazebo, kamar mandi bilas, serta tempat parkir yang cukup luas. Bagi pengunjung yang datang dengan menggunakan mobil akan diarahkan menuju berbagai tempat wisata dengan menggunakan shuttle dan semuanya gratis.Terdapat juga beberapa warung makan di Pantai Menganti, mulai dari makanan khas daerah hingga menu seafood. Harganya juga cukup bervariasi. Berbagai macam objek wisata juga ditawarkan di Pantai Menganti seperti Jembatan Merah, Balon Udara, Sepeda Gantung, Bukit Sigatel, dan Tanjung Karangbata.

Bukit Pentulu Indah
Bukit Pentulu Indah berlokasi di area Pegunungan Paras, tepatnya di Dukuh Dakah, Kec. Karangsambung, Kab. Kebumen, Jawa Tengah. Jarak dari Kota Kebumen sekitar 21 km untuk sampai ke Bukit Pentulu Indah dan memakan waktu tempuh sekitar 35 menit perjalanan.
Rute untuk sampai ke Bukit Pentulu Indah dapat ditempuh melalui alun-alun Kota Kebumen lalu ambil jalan menuju Pasar Mertokondo. Setelah melewati pasar, kalian bisa berbelok ke arah Jalan Raya Karangsambung dan akan melewati LIPI. Kemudian kalian akan bisa menemukan plang kayu bertuliskan “PI 1,5 km”. Sebelum sampai di lokasi, kalian akan melewati beberapa jalan menanjak. Tapi tidak perlu khawatir karena jalanannya sudah beraspal dan banyak rumah warga disana. Untuk bisa menikmati keindahan di Bukit Pentulu Indah, kalian hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000,00/orang dan parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 2.000,00. Bagi kalian yang suka berfoto, maka tidak salah untuk datang dan mengunjungi Bukit Pentulu Indah. Disini sudah disediakan banyak spot foto seperti yang mirip wisata Kalibiru di Jogja.


Bukit Pentulu Indah terkenal sebagai spot sunrise yang indah. Lokasi ini cocok untuk menikmati hangatnya sinar matahari terbit dengan di atas perbukitan. Pemandangan semakin menarik saat gunung kembar Sumbing Sindoro tampak dari kejauhan. Bukit yang terletak 300 Mdpl ini tidak terlalu tinggi namun menawarkan landscape yang sangat mempesona.
Jika cuaca sedang cerah, maka kita bisa melihat pemandangan di hutan lembah Sungai Luk Ulo yang sedang diselimuti kabut. Puncaknya pun cukup luas sehingga memungkinkan pengunjung untuk bermalam dan mendirikan tenda di Bukit Pentulu Indah.




Komentar

Postingan Populer