2 KEAJAIBAN DUNIA YANG YANG BERADA DI JAWA TIMUR

PERJALANAN DI GUNUNG IJEN

Hei Hello ! , akhirnya balik lagi ke tulisan perjalananku, dan pastikan saja sudah membaca cerita blog sebelumnya, kenapa saya bilang seperti itu , karena nyambung biar kayak hubungan kalo ngobrolnya nyambung jadi awet deh ya, mungkin saja hahaha.

Setelah menari nari di savan dan pasir berbisik perjalanan Explore Jawa Timur bersama @ExploreIndonesia dan @EigerAdventure memasuki babak baru, tak lain kita langsung menuju surganya air terjun dan pisang hahha yihaaa Lumajang ! FYI Lumajang di kenal dengan sebutan Kota Pisang Raja karena penghasil terbesar di Jawa Timur. tak hanya itu kota ini juga penghasil pertanian terbaik berupa buah salak dan teh serta kopinya yang khas , Bertepatan dengan lereng gunung semeru menjadikan lumajang patut di perhitungkan dalam sector destinasi wisatanya mulai dari perkebunan, Air terjun, Perbukitan sampai lembah lembah yang membentang luas di seluruh dataran lumajang , Yakin enggak mau ke lumajang? Apalagi di kaki gunung semeru.

AIR TERJUN TUMPAK SEWU


 Kota lumajang adalah surga nya air terjun, ada beberapa air terjun yang bisa di katakan itu sebagai unreal waterfalls! Loh why? Yaps karena begitu sangat indah nya di anggap sebagai tidak nyata atau fana. Untuk menuju lumajang arah pronojiwo tidaklah mudah melewati kelok kelok yang bertubi-tubi ,tapi jangan khawatir akses jalannya sudah sangat bagus, untuk ke pronojiwo kita akan melewati jalur yang merupakan merupakan satu jalan bagi para truk pasir untuk memuat dan mengirim pasir dari lahar dingin semeru, jalanan berkelok dan sedikit menanjak banyak turun nya ini menjadi tantangan tersendiri. Jadi harus lebih berhati-hati Satu hal lagi yang membuat mata terpana bak indah nya senyuman mu yang membuat hati terpesona, eak baper lagi 😂, tempat air terjun ini saling berdekatan loh. Kok bisa? Percaya saja sama tuhan, dia lah maha segala mendekatkan. Apalagi jodoh. Wkwkkw Dari satu titik tempat ke tempat lain hanya berjarak 2-5 km. Bayangkan jikalau dalam satu hari atau dua hari berkunjung kesana. Pasti dapat banyaaaak tempat Apalagi semua air terjun nya itu keren-keren. sekeren Sylvester stallone ketika menjadi Rambo dan yang paling menawan adalah semua itu ciptaan dari tuhan.

Kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan nya. Okelah, Pertama kita mulai dari air terjun kabut pelangi, salah satu air terjun dengan intensitas air nya begitu besar dan tinggi menjulang. Air terjun ini berada di desa pronojiwo kab. Lumajang, sangat mudah untuk menuju ke tempat ini di karenakan jalan sudah bagus dan ketika treking tidak menghabiskan waktu lama dan bervariasi , Destinasi terbaik untuk sector Air Terjun ada 4 yang paling memukau yaitu Air Terjun Tumpak sewu, Air Terjun kabut Pelangi, Air terjun Kapas Biru , dan Air Terjun Sriti.


AKSES

                      Untuk menuju Kawasan Air Terjun terbaik yang dimiliki kota Lumajang ada dua akses yaitu :

1.     Via Probolinggo dilanjut masuk ke Lumajang kota,  dari kota Surabaya memerlukan waktu selama 6 jam dengan mobil pribadi ataupun motor.

2.     Via Dampit berjarak 80 km dari pusat kota malang atau bisa di tempuh selama 3 jam 30 menit menggunakan mobil pribadi atau motor.

             The Magical Jungle From the East begitu semua orang yang sudah melihat kemegahan dari Air Terjun ini, "Tumpak Sewu" atau yang juga kerap disebut "Tebing Nirwana" di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keunikan yang membuat setiap orang melihatnya pasti terkesima,
            Memiliki karakteristik yang berbeda dengan air terjun pada umumnya  berbentuk setengah lingkaran dan di kelilingi hijaunya khas hutan tropis Indonesia, Sumber air terjun in berasal dari satu sungai bisa di lihat dengan adanya aliran yang paling besar, sedangkan aliran yang lebih kecil berasal asli dari sumber, tak hanya itu tebing warna coklat menjadikan air terjun ini tampak sangat unik dan istimewah, Selama perjalanan kita di suguhkan oleh pemandangan kiri kanan berupa kebun buah salak dan Kelapa yang menjulang tinggi khas dengan hutan tropis yang ada di Indonesia.
Tumpak Sewu memiliki ketinggian 130 meter, sangat indah dinikmati ketika di sore hari karena aka nada kabut yang menyelimutinya ketika di pagi hari aka nada pelangi berasal dari bisan matahari yang terkena deburan dahsyatnya ari terjun ini.

Khas Air Terjun Tumpak Sewu yang menjadikan air terjun yang paling unik di Dunia menurut para traveler  asing yang sudah pernah kami ajak kesini seperti 


1. Debit air berasal sumber dari gunung Semeru
2. Bentuk setengah lingkaran yang di kelilingi tumbuhan tropis khas Indonesia
3. Ada Goa yang menetes Air atau di sebut dengan Goa tetes
4. Jalur Tank Belanda diatas Sungai watu Gelidik
5. Lembah Tropis
6. Debit Stabil dan makin besar bisa saat musim kemarau

AKSES

            Tumpak Sewu ini memiliki 3 view yang sangat mengagumkan. Pertama view panorama dan traking ke bawah , view panorama ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja dari area parkir , dan langsung bisa menikmati kemegahan Tumpak Sewu dari atas.
 View kedua bisa dinikmati melalui akses jalur malang panoramanya tak kalah indah dari view panorama, biasa disibut dengan “Coban Sewu”. Dari View ini kita bisa menikmati Air Terjun dari arah selatan, dan lebih dekat dengan kemegahan air terjun ini.
Dan terakhir view ketiga yaitu menikmati Air Terjun ini dari bawah , memerlukan waktu selama 1 jam untuk trekking ke bawah, usahakan memakai sandal atau sepatu yang anti slip karena medan yang sangat licin dan melewati aliran sungai, selama perjalanan adrenalin kita tertantang dan akan di suguhkan panorama tebing tinggi menjulang selayaknya berada di film jurrasic Park. Sangat menarik bukan?.

AKOMODASI
           
-       Tiket masuk 10.000  rupiah per orang
-       Tiket parkir 10.000  rupiah  untuk mobil dan 5.000 untuk motor
-       Sudah ada guest house di sekitar Tumpak Sewu dari jalur lumajang per orang 50.000 rupiah untuk satu malam , dan biaya 15.000 tambahan untuk menu sekali makan.


VIEW SAAT PERJALANAN MENUJU KAWAH IJEN 

          Setelah terpesona oleh kemegahan Tumpak sewu kami melanjutkan perjalanan menuju banyuwangi, 6 jam perjalanan tak terasa akibat kita satu kendaraan ndrenges alias ketawa ketiwi, agar perjalanan semakin seru, sesampai disana kami menginap di Didu's Homstay , dan melanjutkan perjalanan ke ijen sekitar jam 1 malam.
           
            Gunung Ijen ini sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999.

PERJALANAN KE IJEN

             Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Pendakian gunung ini bisa dimulai dari beberapa tempat. Pendaki bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.


GUNUNG IJEN

Keunikan 

1. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen dan termasuk kejadian yang abadi.

2. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.

3. Kawah dan Kandungan Sulfur Paling Tinggi Dunia.

KAWAH IJEN VIEW DARI ATAS 


4. Danau Sulfur Tertinggi di Indonesia

5. Hutan Mati yang unik akibat letusan Asap Asam Sulfat

6. Besi akan Berkarat selama kurang lebih 5 jam berada di area kawah 

7. Kondisi iklim yang Sangat Ekstrim di pusat Kawah



8. Setiap harinya ada sekitar 200 pekerja sebagai kuli panggul yang lalu lalang membawa bongkahan      belerang dengan cara dipikul dan termasuk pekerjaan paling berbahaya di dunia.


AKSES

- Untuk mencapai kawah Gunung Ijen dari Banyuwangi, bisa menggunakan kereta api ekonomi dengan tujuan Banyuwangi dan turun di Stasiun Karangasem kemudian naik ojek dengan tujuan Kecamatan Licin dan Desa Banyusari. Dari Banyusari, perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding  menggunakan bus dan turun di Banyuwangi kota kemudian naik ojek bisa langsung ke Paltuding atau ke Desa Banyusari juga bisa namun dengan menggunakan bus tarif yang dikeluarkan akan lebih mahal. Pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen terletak di Paltuding, yang juga merupakan Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam). 

- Dari Surabaya bisa di tempuh menggunakan mobil pribadi atau motor pribadi dengan jarak tempuh 450 km atau 8 sampai 9 jam.


PERJALANAN MENUJU IJEN


- Alternatif rute adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen atau masker buff dan sarung tangan. 

VIEW GUNUNG SUKET SAAT PERJALAN KE IJEN 


- Dari Paltuding berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km. Lintasan awal sejauh 1,8 km cukup berat karena menanjak.  Selain menanjak, struktur tanahnya juga berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang. Setelah beristirahat di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran), jalur selanjutnya relatif agak landai, namun wisatawan / pendaki disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun menuju ke kawah harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.

- Atau dengan menggunakan ojek dengan biaya sewa pergi-pulang 700-800 ribu rupiah 

POTRET OJEK TROLLY DI GUNUNG IJEN

AKOMODASI

- Kereta Surabaya - Banyuwangi Rp. 56.000, 00
- Bus Surabaya Banyuwangi Rp. 95.000, 00 (Bus Bisnis)
- Tarif Masuk Ijen Rp. 5000, 00 (domestik) hari biasa
- Tarif Masuk Ijen Rp. 10.000, 00 (domestik) hari libur
- Tarif Masuk Ijen Rp. 100.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa
- Tarif Masuk Ijen Rp. 150.000, 00 (Turis Mancanegara) hari biasa
- Tarif Take Drone kebutuhan Komersil Rp. 10.000.000, 00
- Untuk Konsumsi produksi video drone pribadi ada perijinan semionggu sebelum take ke BKSDA


Ok, sampai jumpa di perjalanan selanjutnya Thanks for @EXPLOREINDONESIA @EIGERADVENTURE For Having me on Explore East Java.

dan tak lupa juga untuk the best travel patner on this journey 

1. @jonahgoh 

Travel Photographer dari Singapore yang bekerja di Cabin Crew Singapore Airlines, dan dalam trip ini Jonah sebagai Drone Pilot.




Adventurer dan Travel Photographer based Sidoarjo East Java. dengan khas moody nya dalam berbagai warna tak pelak menjadikan pria ini menjadi primadona di kalangan Instagramers Indonesia yang bergenre Adventurer dengan basic moody toners, tak heran jika Art Of Visual @ArtOfVisuals menjadikan salah satu Artistnya didalam fitur Aplikasinya.


 3. @FahmiAdimara 

Content Creator asli Sidoarjo ini merupakan Indonesia Local Guides Summit 2017 yang menjadi delegasi Indonesia untuk terbang ke kantor google di San Fransisco karena kontibusinya yang besar dalam Google Maps serta ribuan foto perjalanan yang sudah disubmitnya.



babang sebutannya laki laki tulen ini berasal dari aceh dan merupakan Director dari @ExploreIndonesia dan juga Videografer yang gemar bermain Mobile Legends. ajak mabar aja beliau langsung DM!



SEE YOU IN THE NEX COLLABORATION 

SHOT ME ON EMAIL : 
Joe@Exploreindo.com

Instagram












Komentar

Postingan Populer