INI DIA 3 DESTINASI TERBAIK JAWA TIMUR !



yoih balik lagi dengan ulasan saya, minggu kemarin berkolaborasi dengan @ExploreIndonesia  dan @EigerAdventure  untuk menjelajah Destinasi Terbaik Di Jawa Timur, Sangat Tertarik banget secara 2 Platform Terbesar Di Indonesia, tak hanya itu ada travele photographer dari Singapore  @Jonahgoh ! 




Gunung Bromo


Siapa yang tak mengetahui destinasi terbaik dan merupakan ikon dari Provinsi Jawa Timur yaitu nama Gunung Bromo, Gunung ini memiliki ketinggian 2.330 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur.  sendiri berasal dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu atau dalam bahasa Tengger atau masyarakat menyebutnya dengan nama gunung "Brama", Gunung Bromo sendiri adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia.




Gunung bromo mempunyai beberapa spot terbaik yaitu, Bukit Teletabis, Lautan Pasir, Kawah Bromo sebelum kawah bromo pas di depan gunung batok tersebut, berdiri sebuah pura yang menjadi tempat beristananya Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Luhur Poten Gunung Bromo.  Pura ini menjadi tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu. Setiap setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo, selain itu ada gunung widodaren dan spot utama Penanjakan view point , dari sini kita bisa melihat kemegahan yang luar biasa yaitu gunung batok, gunung bromo serta mahameru terlihat berjajar secara horizontal menjadikan keunikan ini menjadi ciri khas tersendiri dari gunung gunung yang lain di Indonesia, Sebagai sebuah objek wisata, Bromo mempunyai daya tarik tersendiri karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.





Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 11 kilometer persegi. Waktu terbaik untuk menikmati view bromo dari spot penanjakan yaitu  ketika sunrise antara jam 05.00 hingga jam 07.30 WIB, kita bisa melihat keindahan yang menakjubkan gunung  bromo di selimuti dengan kabut jika beruntung dan hangatnya mentari pagi.




AKSES :

Untuk menuju ke Gunung Bromo ada tiga jalur pilihan diantara nya :

1.     Probolinggo via Tongas , berjarak 80 km dari arah Surabaya atau bias di tempuh selama 3 jam  menggunakan mobil pribadi ataupun motor, jalur ini di rekomendasikan apabila memulai start dari Surabaya dan bisa menikmati Air Terjun Madakaripura yang berada sejalur dengan arah ke bromo.

2.     Nongko Jajar Pasuruan, berjarak 60 km dari kota Surabaya 2 jam 30 menit dan 30 km dari kota malang 1 jam 20 menit , ketika melewati nongko jajar pos masuk tiket adalah di desa wonokitri, bisa di tempuh dengan mobil pribadi maupun motor.

3.     Tumpang Malang , berjarak hanya 20 km meter dari pusat kota Malang  bisa di tempuh 1 jam perjalanan menggunakan  mobil pribadi dan motor.



AKOMODASI :

-       Persewaan jeep di mulai dari harga 600-800 ribu rupiah jika melewati jalur Probolinggo dan Nongko Jajar serta 800 ribu rupiah -1 juta apabila melewati jalur Tumpang malang.
-       Persewaan Motor Trail 250 Ribu Rupiah.
-       Tiket masuk 25.000 ribu rupiah dan 250.000 ribu rupiah untuk tiket wisatawan mancanegara.


SPOT TERBAIK :

1.     Penanjakan View Point

Merupakan Spot Sunrise Terbaik jika berkunjung ke Gunung Bromo, waktu Terbaik adalah pagi hari jam 05.00-07.30 WIB untuk dapat menikmatinya kita bisa berangkat dari Surabaya maupun Malang pada jam 23.00 Malam dari Surabaya  atau jam 24.00 Dini hari Dari Malang dan sampai Di Bromo Jam 02.00 Pagi Setelah itu Oper Menggunakan Jeep bila menggunakan mobil Pribadi atau langsung dengan kendaraan bermotor, di bawah spot penanjakan ada Bukit Kingkong dan serta Argowulan, Spot Argo Wulan bisa dinikmati dengan tracking selama 15 menit dari bawah bukit kingkong, melaluinya hanya dengan mengikuti jalan setapak kaki. Bukit Cinta bukit cinta ini terletak sebelum tikungan tajam sesudah bukit kingkong berada di sebelah kiri ada jalan setapak dan hanya memerlukan 5 menit saja view yang kita dapat adalah Punggung naga dan gunung batok serta sebelah selatan bisa melihat Gunung Widodaren yang menakjubkan.

View Punggung naga

2.     Seruni Point

Selain penanjakan terdapat view menikmati sunrise di sisi lain yaitu Seruni Point , berada dekat dengan jalur dari probolinggo, jadi ketika menikmati sunrise bia di pilih antara seruni point atau Penanjakan view Point karena tak bisa bersama an mengingat waktu jarak tempuh yang lumayan jauh antara kedua tempat tersebut.


3.     Punggung Gunung Widodaren

Setelah menikmati sunrise kita bisa mendekat ke Punggung Gunung widodaren kemegahannya mempunyai ketinggian sekitar 2164 di atas permukaan laut , tak hanya itu di gunung ini terdapat goa , memerlukan waktu 2 jam untuk trekking,  di tengah perjalnan kita di suguhkan pemandangan yang luar biasa dari atas , padang savana sebelah kiri dan kanan panorama keindahan gunung batok , setelah trekking yang melelahkan semuanya terbayar dengan pemandangan yang tampak dari punggung bukit menuju Gua Widodaren ini. Sobjek ini lebih merupakan ceruk daripada gua. Tetapi oleh masyarakat sekitar  menyebutnya dengan Gua Widodaren.



 Ketika mulai  memasuki bibir gua, pengunjung patung pemujaan yang terdapat di pintu masuk gua. Di dalam gua Widodaren ini, terdapat sumber mata air yang dikeramatkan masyarakat setempat. Sumber mata air ini tidak akan pernah kering sepanjang waktu. Dipercaya sakral dan suci  karena sumber mata air tersebut mengalir langsung dari Widodaren. Masyarakat sekitar percaya bahwa air dari sumber tersebut bisa membuat awet muda dan memberikan jodoh bagi mereka yang masih menjomblo. Penasaran ? cobain deh kalau berkunjung ke Gunung Widodaren ini.




4.     Gunung Batok   

Gunung batok terletak persis didepan gunung bromo , untuk menuju puncaknya hanya memerlukan waktu 2 jam 30 menit , sangat di anjurkan ketika musim hujan , ketika musim kemarau banyak sekali debu yang mengganggu ketika melakukan tracking. Di puncaknya kita bisa mendirikan tenda tapi tak di sarankan untuk menginap karena terlalu dekat dengan kawah gunung bromo untuk sekedar mengambil foto saja untuk beberapa jam sangat bisa di lakukan. View kemegahan Gunung Bromo Terlihat jelas dari Spot ini.

5.     Kawah Bromo

Berjarak 1,8 km Untuk menuju kawah bromo memerlukan waktu traking selama 1 jam 20 menit dan bisa menyewa kuda dari parkiran jeep dengan biaya 150 ribu rupiah. Untuk foto saja hanya 10 hingga 20 ribu rupiah, menuju kawah bromo sudah di lengkapi dengan toilet umum. Serta melewati Pura Luhur yang Suci dan merupakan Tempat beribada Suku Tengger dan umat Hindu di Sekitar kawasan TNBTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).


6.     Pasir Berbisik

Sebab di sebut dengan pasir berbisik karena lautan pasir ini ketika tersapu oleh angina menimbulkan suara seperti bisikan oleh karenanya padang pasir ini di juluki dengan pasir berbisik serta lautan pasir yang lembut membuat struktur yang eksotis menjadikan tempat ini jujukan para fotografer untuk mengabadikan foto terbaiknnya.


7.     Bukit Teletabis

Pesona Bukit Teletabis memang taka da habisnya, destinasi ini menjadikan tujuan wajib di setiap pengunjung Gunung Bromo, dengan view layaknya di Film Teletabis , bukit bukit hijau yang membentang luas sangat luas sepanjang pandangan mata sangat memanjakan pengunjung dan saying untuk dilewatkan , bukit teletabis ini merupakan jalur pertama ketika pengunjung melewati jalut Tumpang Malang.


ulasan tentang bromo sudah di sediakan , penasarankan dengan Destinasi Berikutnya ? simak updat an berikutnya ya guys 

KEEP EXPLORING AND CLEAN !




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer